Contoh-contoh soal

1. Berikan contoh masing-masing minimal 2 terhadap terjadinya interrupt karena faktor:
a.     Program
-overflow : suatu kejadian dimana beban yg berlebih atau suatu data yg melebihi kapasitas yg akan/pada di tempatnya.
-division by zero: dimana suatu kejadian komputer tidak menampilkan data dan proses pada monitor atau biasa disebut Hang.

b.     Timer
-saat membuka aplikasi atau operasi, proses yg seharusnya berjalan lancar jadi diam saja atau tidak memproses dan akhirnya muncul perintah untuk membatalkan dan menutup aplikasi/operasi tersebut.
-terjadinya Not Responding pada saar program dan operasi berjalan.

c.      I/O
-USB/Flashdisk yg dipasang pd CPU tpi tidak terdeteksi oleh monitor yg berproses pada CPU tersebut.
-pada saat mau mengeprint, tpi muncul perintah pada monitor bahwa penutup chasing pada printer tersebut terbuka.

d.     Hardware failure
-pada RAM: terlalu banyak membuka aplikasi dan operasi sehingga kapasitas dan kecepatan RAM yg menjadi penuh dan Efeknya pada komputer adalah komputer menjadi Loading Lama (Lemot).
-pada CD ROM : salah meletakkan posisi kaset CD/DVD sehingga pada monitor merespon untuk memerintahkan (dalam tanda kutip) “kaset CD/DVD pada CD ROM tidak sesuai pada posisinya”.
2.  Contoh multiple interrupt – squential
      - saat kita memakai pinter untuk mencetak dokument dan kita lupa menekan tombol power pada printer sehingga cpu tidak mendeteksi keberadaan dari si printer lalu muncullah perintah atau peringatan agar untuk menghidupkan printer
          - ketika kita menggunakan program multimedia semial coredraw saat sedang proses menggunkan muncul perintah interpsi yang memberitahukan bahwa temporary file pada windows yang di gunakan untuk menyimpan file semntara saat program sedah berjalan penuh,sehingga kita harus menghapus bebrapa file agar ada ruang untuk program coreldraw yang kita jalankan,jsetelah interupsi pertama beres dan saat menyimpan di jalankan ternyata muncul interupsi kembali karena file nama yang kita tuliskan sudah ada oleh file lain.sehingga kita harus mengganti file namaya.dan ini dalah intrupsi kedua yang di muncul.

3. Contoh multiple interrupt – nested
Suatu sistem memiliki 3 sistem I/O , Printer dan saluran komunikasi, masing- masing mempunyai prioritas 2 dan 5
-pada saat sistem melakukan pencetak dengan printer tiba-tiba ada pengiriman peringatan dari saluran komunikasi untuk meminta interupsi
-proses selanjunya dalah pengalihan eksekusi interupsi modul komunikasi sedang kan interupsi printer di tangguhkan
Maka sistem akan mengutamakan yang mempunyai prioritas yang tinggi.
 Asynchronous Timing Diagram
 berarti bahwa hardware tidak aktif mengatur fase atau waktusinyal untuk menyelaraskan dengan tepi jam tertentu. Waktu Asynchronous berarti bahwa tidak ada hubungan deterministik waktu antara dua perangkat. Namun, persyaratan waktu kurang ketat daripada untuk aplikasi waktu sinkron.
Synchronous Timing Diagram
 terjadi ketika sinyal memiliki hubungan tetap dengan jam tepi. Waktu sinkron memastikan bahwa data tiba di tester digital pada dikenal waktu relatif terhadap tepi jam.  Synchronous mengurangi jam dan data condong yang dihasilkan dari penundaan propagasi, yang memungkinkan kecepatan data yang lebih cepat.

4. Apakah benar locality of reference dapat mempercepat proses eksekusi program, berikan contoh realnya? 

Benar  ,karena merupakan salah satu rancangan untuk meningkatkan kecepatan CPU. Kebanyakan dari computer saat ini menggunakan mekanisme superscalar ini. Standar pipeline yang digunakan adalah untuk pengolahan bilangan matematika integer (bilanganbulat, bilangan yang tidakmemilikipecahan), kebanyakan CPU jugamemilikikemampuan untuk pengolahan untuk data floating point (bilanganberkoma). Pipeline yang mengolah integer dapat juga digunakan untuk mengolah data bertipe floating point ini, namun untuk aplikasi tertentu, terutamauntuk aplikasi keperluan ilmiah CPU yang memilikikemampuanpengolahan floating point dapat meningkatkan kecepatan prosesnya secara  dramatis.
Peristiwa menarik yang bisa dilakukan dengan metoda superscalar ini adalah dalam hal memperkirakan pencabangan instruksi (brach prediction) serta perkiraan eksekusiperintah (speculative execution). Peristiwa ini sangat menguntungkan buat program yang membutuhkan pencabangan dari kelompok intruksi yang dijalankankannya.


Contoh :
1.    Dalam menentukan aktifitas yang  dilakukan oleh suatu system berdasarkan umur seseorang yang sedang diolahnya,  katakanlah jika umur yang bersangkutan lebih dari 18 tahun, maka akan diberlakukan instruksi yang berhubungan dengan umur tersebut, anggaplah seseorang tersebut dianggap telah dewasa, sedangkan untuk kondisi lainnya dianggap belum dewasa. Tentu perlakuan nya akan dibedakan sesuai dengan sistem yang sedang dijalankan.

2.    Misal dalam Suatu acara yg diselenggarakan oleh Pengusaha X, Pengusaha tersebut Mengundang banyak orang dari Penjuru Nusantara. Diantara para Tamu tersebut digolongkan menjadi 3 macam, yg Pertama adalah Tamu VVIP, Tyg kedua adalah Tamu VIP, dan yang ketiga Adalah Tamu kelas Ekonomi. Maka dari ketiga Golongan Tamu tersebut maka akan mendapat tempat dan perlakuan yang berbeda-beda sesuai dengan golongan Tamu tersebut. Maka Secara Logika Tamu VVIP akan mendapat Perlakuan dan tempat yg paling Khusus dan mewah dari tamu jenis Golongan VIP dan Ekonomi. Sementara Tamu VIP akan mendapatkan  Perlakuan yg lebih layak dibanding dg Tamu Ekonomi. Dan tamu Ekonomi aka mendapat perlakuan yang seadanya saja. Itu hanya Contoh kecil dari yg ada tertera pada Soal.


5.     Apa bedanya ROM BIOS dan Cache memory ?jelaskan!

 ROM ini adalah salah satu memori yang ada dalam computer.ROM  ini sifatnya permanen, artinya program / data yang disimpan di dalam ROM ini tidak mudah hilang atau berubah walau aliran listrik di matikan.Sedangkan cache memory yang berukuran kecil yang sifatnya temporary (sementara) ,walaupun ukuranya sangat kecil namun kecepatanya sangat tinggi.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »