RANGKAIAN HUT PMI KE-74 TINGKAT KABUPATEN BATANG

Foto Bersama Panitia dan Peserta Pelatihan

Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Batang, menggelar latihan gabungan (Latgab) vertikal rescue dan water rescue. Kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari mulai tanggal 21 – 22 September 2019 di pesisir pantai Ujungnegoro, Kecamatan Kandeman, Kabupaten Batang. Latihan Gabungan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati HUT PMI Ke 74. Kegiatan tersebut mencerminkan sinergitas relawan Batang lantaran melibatkan sejumlah 100 relawan dari berbagai unsur. Unsur relawan yang terlibat di antaranya Korps Sukarelawan (KSR), Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis), Siaga Bencana Berbasis Masyarakat (Sibat), Relawan PMI tingkat Kecamatan, BPBD Kabupaten Batang, Tagana Dinsos Batang, Bagana NU, MDMC Muhammadiyah, FKPPI, Senkom, Racika Palm, Batres, MRI-ACT, relawan kebencanaan lainnya.  
Tidak hanya soal kebencanaan, kegiatan ini juga mengusung misi untuk turut serta dalam membantu kinerja Pemkab Batang melalui pengentasan stunting, ini dilakukan dengan memberikan paket bingkisan kepada 70 balita di Desa yang memiliki angka stunting paling tinggi di Batang yakni di Desa Kluwih Kecamatan Bandar. Selanjutnya turut aktif melakukan restorasi kawasan pesisir yang terpadu, terarah dan berkelanjutan, melalui pencanangan 2019 pohon untuk 2019 meter sempadan pantai, acara bersih pantai dalam rangka World Clean Up Day, Kemudian kegiatan diskusi tentang donor darah dan kebencanaan dan pemberian penghargaan kepada Donor Darah Sukarela (DDS) 25 kali oleh Bupati Batang. 
Dalam pelaksanaannya Kegiatan Vertical Rescue para peserta langsung mendapatkan pelatihan dari Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) Kabupaten Batang, Peserta dibekali ilmu serta materi dasar vertical rescue yang kemudian langsung dipraktekan tentang pertolongan vertical rescue. Sedangkan Kegiatan Water Rescue para peserta mendapatkan pelatihan langsung dari anggota brimob kalibanger Kota Pekalongan baik teori saat di darat maupun terjun langsung saat penanganan korban di laut. Serangkaian kegiatan ini ditutup dengan sebuah simulasi bencana korban tenggelam di laut.


Share this

Related Posts

Latest
Previous
Next Post »